Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Hari Guru Nasional, Binjai Dideklarasi Kota Anti Bullying

Editor: Redaksi author photo
Wali Kota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP, memotong nasi tumpeng saat peringatan Hari Guru Nasional.

Nusantaratopnews.id, Binjai - Ditunjuk sebagai tuan rumah peringatan Hari Guru Nasional tingkat provinsi Sumatera Utara, Kota Binjai dideklarasi kota anti bullying, di Lapangan Merdeka Kota Binjai, Senin (27/11/2023). 


"Kami ucapkan selamat datang kepada Bapak Pj Gubernur Sumatera Utara dan segenap rombongan di Kota Binjai, Kota Rambutan, kota yang sangat kami cintai dan banggakan. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Kota Binjai sebagai penyelenggara atau tuan rumah pada Hari Guru Nasional tingkat Provinsi Sumatera Utara," ucap Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP.


Lanjut Wali Kota Binjai, Hari Guru Nasional bukan hanya sekedar perayaan atau penghormatan semata, namun juga momentum untuk merenung, mengenang dan menghargai peran serta dedikasi luar biasa yang telah diberikan para pendidik kita.


Dia juga mengatakan, Menjadi guru merupakan tugas yang begitu mulia sekaligus tidak mudah. Guru selaku tenaga didik harus menjadi garda terdepan dalam proses pendidikan, mereka merupakan pilar utama dalam pembangunan karakter dan potensi setiap siswa. Dengan semangat "Merdeka Belajar", diharapkan kepada semua pihak untuk mendukung setiap peserta didik agar dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal. 


Pemerintah Kota Binjai juga mengapresiasi dukungan yang telah diberikan Gubernur Sumatera Utara dalam deklarasi Binjai sebagai kota Anti Bullying di satuan pendidikan. 


Selain itu, dengan adanya Deklarasi Kota Anti Bullying ini kiranya dapat menjadi upaya pencegahan secara menyeluruh agar warga satuan pendidikan menjadi aman dari berbagai jenis tindak kekerasan di sekolah.


Membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Pj. Gubernur Sumatera Utara menyampaikan bahwasannya Peringatan HGN tahun ini juga merupakan ruang apresiasi kepada para guru atas semangat belajar, berbagi, dan berkolaborasi dalam Merdeka Belajar demi terwujudnya pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi peserta didik.


Upacara ini dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada guru dan siswa berprestasi. Penerima penghargaan Princess Maha Chakri Award 2023 Harisdayani, penghargaan kepada guru pada kategori Insan Inspiratif Pendidikan Kota Binjai tahun 2023 yaitu Desy Arisandy dan Marini, S.Pd, pada kategori Guru Berprestasi yaitu Halimah, Adriantho Benny Pasaribu dan sebanyak 27 siswa juga menerima penghargaan siswa berprestasi.


Acara ini juga dimeriahkan dengan pemotongan tumpeng, pemakaian rompi kepada Tim Satgas Anti Narkoba, Kekerasan dan Perundungan Kota Binjai Deklarasi Kota Binjai Bebas Narkoba, Kekerasan dan Perundungan Kota Binjai dan ditutup dengan pemberian cenderamata kepada Pj. Gubernur Sumatera Utara dan Wali Kota Binjai.


Upacara tersebut dihadiri langsung oleh Pj. Gubernur Sumatera Utara Hasanuddin, dan diikuti oleh Wakil Walikota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu S.TP MP, Para Wali Kota dan Bupati se-Sumatera Utara, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf M. Eko Prasetyo, Wakapolres Binjai Kompol RD Firman Darwin, SH, MH, Kajari Binjai Jufri Nasution SH, Kepala Pengadilan Agama M. Taufik SH, Kepala Pengadilan Negeri Binjai Fauzi SH, MH, Danpas I Brimob Poldasu Brigjen Pol. Firly Samosir, Kepala BNN Kota Binjai Ucok Ferry, MH, Kajendam I/BB Letkol Caj Irfan Ilhamsyah, Kakan Kemenag Kota Binjai Drs. H. Saparuddin MA, Pimpinan OPD Provinsi Sumatera Utara, Ketua PGRI Kota Binjai Riza Armaya Putra, Para Staff Ahli, Pimpinan OPD dan Asisten Pemko Binjai, Para Camat dan Lurah se-Kota Binjai, Para Guru se-Provinsi Sumatera Utara, Para Alim Ulama, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. (Mer)

Share:
Komentar

Berita Terkini